Pulau Salura Sangat Indah Di Perbatasan Indonesia-Australia

Pulau Salura adalah sebuah pulau kecil di selatan daratan sumba, salah satu pulau paling selatan di wilayah RI.

Pulau Salura adalah salah satu pulau terluar Indonesia. Berada di wilayah propinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya di kecamatan Karera, kabupaten Sumba Timur. Pulau Salura termasuk dalam satu pemerintahan desa, yaitu desa Praisalura. Desa itu mencakup juga dua pulau di dekatnya, yaitu pulau Menggudu dan pulau Kotak.

Dengan demikian desa ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia dan wilayah laut Australia di sisi sebelah selatan. Dari ketiga pulau yg masuk wilayah desa Praisalura, hanya pulau Salura saja yg dihuni. Terdapat 26 kepala keluarga (KK) atau sekitar 658 jiwa yang tinggal di pulau tersebut. Meski tercatat bahwa kabupaten Sumba Timur mayoritas agama warganya adalah Protestan namun penduduk pulau Salura seluruhnya memeluk agama Islam. Mata pencaharian warga adalah nelayan. Hasil laut yang paling besar adalah cumi-cumi. Hal itu juga yang menarik warga dari Lombok untuk tinggal dan mencari ikan di Salura. Muncul simbiosis mutualisme antara warga Salura dan nelayan Lombok.

Selama ini warga Salura kesulitan menjual hasil lautnya. Namun dengan hadirnya nelayan Lombok, yang sebagian diantaranya juga tengkulak, maka warga Salura dapat mudah menjual hasil tangkapannya. Warga Salura pernah melewati masa jaya ketika rumput laut berhasil berkembang biak dengan baik di Salura. Namun beberapa tahun yang lalu serangan hama rumput laut sangat kuat dan seringkali dimakan penyu maka usaha pertanian rumput laut itupun berhenti.

Pulau Salura memiliki keindahan alam yang sangat menawan. Letaknya yang di kelilingi lautan, membuat pulau ini jadi sulit diakses. Namun demikian, hal tersebut malah membuat pulai ini memiliki garis pantai yang indah. Gradasi warna birunya akan memanjakan mata siapapun yang melihatnya, apalagi dengan pasir putih yang kontras dengan kebiruan airnya.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *