Mari Berburu Makanan Tradisional Makassar Untuk Menu Berbuka

Ramadan tiba. Tempat jajan yang menjual makanan tradisional Makassar untuk hidangan berbuka puasa pun bermunculan. Variatif dan relatif murah, menjadikan tempat-tempat ini diserbu para pecinta makanan tradisonal.

Salah satu tempat yang menjual makanan Makassar ini ada di Jalan Andi Mappanyukki. Setiap hari mulai jam 4 sore, tempat ini diserbu para penikmat makanan tradisional Makasar. Mereka membeli makanan khas Makasar untuk berbuka puasa.

Macam makanan tradisional Makassar penganan berbuka ini teramat beragam. Mulai dari kue barongko, pisang ijo, pastel, berbagai gorengan seperti jarongkote hingga makanan yang berat seperti ikan bakar hingga opor ayam.

Umumnya mereka yang datang kesini adalah para pekerja kantoran yang tak sempat memasak di rumah.

“Harganya relatif murah, kue barongko ini dijual lima ribu rupiah,”kata Erwin, pengunjung pusat jajanan ini.

Kue dan penganan ini kebanyakan dibuat oleh ibu-ibu rumah tangga, yang menjajakan makanan tradisional Makassar setiap ramadhan tiba.

Ini Makanan Enak Saat ke Makassar:

1. Sop Saudara

Sop Saudara merupakan masakan khas berupa hidangan berkuah dengan bahan dasar daging sapi yang disajikan bersama bihun, perkedel kentang, jeroan sapi, dan telur rebus. Warga lokal biasa menyantap Sop Saudara dengan nasi putih dan ikan bolu (bandeng) bakar. Warung Sop Saudara yang paling terkenal adalah yang berlokasi di Jalan Irian, tidak jauh dari Pasar Sentral Makassar.

2. Pallubasa

Pallubasa terbuat dari jeroan sapi atau kerbau. Proses memasaknya hampir sama dengan Coto Makassar, yakni jeroan direbus dalam waktu lama. Yang membedakan adalah racikan khusus bumbunya dan Pallubasa dimakan bersama nasi putih. Warung penjual Pallubasa yang terkenal adalah di Jalan Serigala dan Jalan Onta.

3. Coto Makassar

Coto boleh jadi adalah kuliner khas Makassar yang paling terkenal. Coto Makassar berisi usus, hati, otak, dan daging sapi atau kuda yang dimasak dengan bumbu sereh, laos, ketumbar, jintan, bawang merah, bawang putih, garam yang sudah dihaluskan, daun salam, jeruk nipis, dan kacang. Pada umumnya orang menyantap Coto Makassar bersama ketupat.

4. Konro Bakar

Makanan berbahan dasar iga sapi ini punya dua varian utama, yaitu Sop Konro dan Konro Bakar. Sop Konro adalah masakan berkuah berwarna coklat kehitaman. Warna ini berasal dari bumbunya, yaitu buah kluwek.

5. Palumara

Palumara adalah masakan khas Makassar yang berbahan dasar ikan. Sup ini berkuah kuning dari bumbu kunyit dan memiliki cita rasa segar asam serta gurih bawang. Bahan bakunya adalah kepala kakap merah, namun tak jarang juga bahan ini diganti dengan ikan tongkol atau bandeng.

6. Sop Ubi

Sop Ubi bukan merupakan masakan khas Makassar yang telah ada sejak lama seperti masakan yang lainnya, akan tetapi kelezatan Sop Ubi sayang untuk dilewatkan kala Anda mengunjungi Makassar. Sop Ubi lahir dari kreativitas sang pembuat yang berkreasi dengan ubi tanam (singkong).

7. Ikan Nila Bakar atau Goreng

Tempat paling enak menyantap ikan Nila bakar atau goreng yang berada di tepian Waduk atau Bendungan Bili-bili yang terletak di wilayah Kabupaten Gowa, sekitar 2 jam perjalanan dari Makassar. Meski jarak yang ditempuh cukup jauh namun sebanding dengan kelezatan ikan nila bakar atau goreng yang akan Anda santap plus pemandangan sejuk dari bendungan yang sangat teduh.