Keindahan Wonosobo Dan Wisata Di Atas Awan

Wonosobo adalah sebuah kabupaten di provinsi jawa tengah. Dengan pusat kota yang berada di tengah tengah wonosobo sendiri. Kabupaten wonsobo ini berbatasan dengan kabupaten temanggung dan kabupaten magelang di timur. Lalu kabupaten purworejo di selatan. Di sebelah barat kabupaten kebumen dan kabupaten banjarnegara serta kabupaten batang dan kabupaten kendal di utara.

Kabupaten wonosobo berdiri 24 Juli 1825 sebagai kabupaten di bawah kesultanan yogyakarta seusai pertempuran dalam perang diponegoro. Kyai Moh. Ngampah, yang membantu diponegoro, diangkat sebagai bupati pertama dengan gelar Kanjeng raden tumenggung (K.R.T.) Setjonegoro.

Berdasarkan cerita rakyat, pada awal abad ke-17 tersebutlah 3 orang pengelana masing-masing bernama Kyai Kolodete, Kyai Karim dan Kyai Walik, mulai merintis permukiman yang diketahui saat ini bernama Wonosobo. Selanjutnya, Kyai Kolodete bermukim di Dataran Tinggi Dieng, Kyai Karim bermukim di daerah Kalibeber dan Kyai Walik bermukim di sekitar Kota Wonosobo sekarang.

Jika kita berbicara tentang object wisata di wonosobo tidak akan ada habisnya, karena di wonosobo sangat amat banyak object wisata, baik yang sudah terjamah maupun yang baru di kenal orang sekitar tempat wisata tersebut, mau yang modern maupun kuno.

1. Lobang sewu – wadaslintang

Lobang sewu (Lubang seribu) adalah tempat wisata yang kata orang setempat seperti namanya, lubangnya ada seribu merupakan objek wisata pertama di kawasan wonosobo, letak dari objek wisata ini sendiri berada di sekitar waduk wadaslintang yang berada di desa erorejo kabupaten wonosobo jawa tengah. Untuk bisa masuk dan menikmati tempat wisata lubang sewu sendiri, para pengunjung di kenakan biaya masuk senilai 2.000 rupiah

2.Telaga cebong – Dieng

Mentang-mentang namanya telaga cebong, bukan berarti ini telaga trus ada cebongnya ya, tentu saja bukan seperti itu, sebuah telaga yang berada di desa sambungan yang merupakan desa dengan letak tertinggi di jawa tengah ini juga menjadi salah satu tujuan atau objek wisata yang di favoritkan atau di minati oleh traveler traveler lokal maupun luar kota, kurang lebih disini para pengunjung akan di suguhi pemandangan berupa lahan lahan pertanian milik penduduk dan yang pasti telaga cebong itu sendiri, letak atau ketinggian dari telaga cebong ini sendiri berada di 2300m dpl, karena hal tersebut maka telaga ini di juluki telaga di atas awan.

3.Telaga warna – Dieng

Telaga warna. Siapa yang tidak tau tempat ini? Bagaimana tidak? Telaga warna telah menjadi salah satu tempat wisata di dieng yang sudah amat sangat terkenal, bahkan sampai mancanegara. Telaga warna telah di tetapkan menjadi salah satu ikon kota wonosobo, khususnya dieng, menurut legenda, warna yang muncul pada telaga tersebut dikarenakan pada zaman dahulu ada cincin milik seorang bangsawan yang jatuh kedalam telaaga tersebut. Jika di telaah secara ilmiah, warna pada telaga itu sendiri di akibatkan oleh pengendapan belerang di dasar telaga, warna dari telaga ini sendiri adalah hijau, biru laut dan putih kekuning kuningan, jika kalian ingin menikmati keindahan telaga, kalian bisa naik ke bukit di sekitar telaga tersebut, di sisi lain atau di tepi telaga, terdapat balkon yang dapat di gunakan duduk dan bersantai oleh pengujung.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *