Inilah Alasan Kenapa Harus Membersihkan Ac Secara Rutin

Banyak orang yang tidak sadar untuk membersihkan ac. Padahal ac termasuk barang elektronik yang harus dirawat dengan baik. harus dibersihkan dan dicuci, sehingga bisa memberikan udara dingin yang bersih. Untuk pengguna baru sering melupakan hal ini. akhirnya ac cepat rusak dan harus menggunakan jasa service ac terus menerus. Apalagi anda merasa ac dalam kondisi baik-baik saja. Masih mengeluarkan udara dingin dengan baik. walaupun begitu, ac harus tetap dibersihkan secara rutin.

Tetapi sayangnya ac tidak bisa bekerja semudah itu. Tetap membutuhkan perawatan rutin. Refrigerator mudah berdebu dan kotoran menempel. Bila kotoran tersebut tidak dibersihkan, akhirnya mengganggu kinerja mesin. Mesin ac akan berkurang kinerjanya sedikit demi sedikit, sampai tidak bisa mengeluarkan dingin dengan baik. berikut ini beberapa alasan login kenapa anda harus membersihkan ac secara rutin.

Prinsip Kerja Ac Untuk Sirkulasi Udara

Prinsip kerja ac adalah untuk sirkulasi udara. Udara panas di ruangan akan dihisap oleh ac indoor dengan kipas. Saat proses ini tentunya tidak hanya udara yang terhisap, tetapi debu dan partikel kecil lainnya. Debu akan menempel dibagian filter dan evaporator. Jika anda tidak pernah membersihkan bagian filter dan evaporator, tentunya debu akan menumpuk dan mengganggu kinerja ac. Oleh karena itu, anda harus membersihkan ac secara rutin.

Mencegah Terjadi Kerusakan Dini

Jika anda sering melakukan perawatan berkala, minimal 2 sampai 3 bulan sekali, maka ac anda akan lebih awet. Bisa digunakan dalam jangka waktu lebih lama. Saat ac bersih, kerja mesinnya lebih optimal dan ringan. Mesin tidak cepat panas dan lebih cepat dingin. Tetapi bila jarang dibersihkan, mesin cepat kotor dan bekerja lebih berat. Akhinya anda harus mengeluarkan uang untuk service ac atau malah harus membeli ac baru. Tentunya membuat pengeluaran lebih banyak.

Ac Menjadi Kotor

Melihat suatu hal yang kotor pasti tidak menyenangkan. Begitu juga dengan ac, bila ac kotor akan membuat kinerjanya menurun. Ac sangat mudah menghisap debu kotoran dari udara, menumpuk dibagian filter. Tumpukan kotoran berlebih membuat kerja mesin kompresor semakin berat. Akhirnya ampere kompresor akan semakin tinggi dan penggunaan listrik semakin banyak. parahnya bisa membuat ac mati dan hidup sendiri serta tidak mengeluarkan udara dingin dengan baik.

Ac Termasuk Elektronik Yang Butuh Perawatan

AC bukanlah jenis elektronik yang bisa dibiarkan begitu saja. Ac juga butuh perawatan rutin. Sama seperti sepeda motor yang anda gunakan setiap harinya. Walaupun sepeda motor masih nyaman digunakan berkendara, tetapi anda harus melakukan perawatan ganti oli, karburator dan lainnya, begitu pula dengan AC. Anda harus melakukan perawatan rutin minimal satu bulan sekali. Bersihkan bagian filter dari kotoran, cek tekanan freon, jangan gunakan di tekanan yang terlalu rendah atau tinggi dan masih banyak lainya.

Dengan mengetahui alasan diatas, tentunya anda tidak boleh ragu lagi untuk membersihkan ac secara rutin. Jika selama ini anda jarang membersihkannya. Buka bagian filter kemudian cuci dengan air sampai bersih. Kalau perlu panggil service ac terpercaya, untuk melakukan pengecekan di ac anda. Cek mesinnya, tekanan freon dan lainnya. Untuk pengecekan ini bisa dilakukan 2-3 bulan sekali. Dengan begitu ac tetap terjaga kebersihannya dan bisa digunakan dalam waktu lama. Jangan lupa untuk memilih jenis ac yang bagus dan memiliki fitur lengkap.

Deskripsi: service ac bisa dipanggil 2-3 bulan sekali, untuk melakukan pengecekan mesin ac dan bisa dibersihkan rutin.