Ini Dia Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi pada Bayi

Sebagai orang tua yang baik dan tanggap, tentunya Anda harus selalu memperhatikan dan waspada terhadap semua perkembangan dan pertumbuhan bayi Anda.  Salah satunya saat Anda terkena penyakit yakni alergi susu sapi yang mana sering sekali dialami oleh para bayi sewaktu kecil dan kebanyakan akan menghilang saat sudah beranjak dewasa. Bila Anda merupakan orang tua yang mendapati bayi Anda ini terkena alergi terhadap susu sapi, Anda tidak perlu cemas dan bersedih karena masih terdapat beberapa cara mengatasi alergi susu  sapi pada bayi Anda yang ampuh sehingga tidak akan menganggu pertumbuhan dan perkembangan pada bayi Anda. Alergi susu sapi ini sendiri merupakan hasil reaksi dari sistem imun atau kekebalan tubuh bayi yang menganggap bahwa protein yang ada pada susu sapi ini adalah zat berbahaya. Akibatnya, tubuh bayi akan mengelurakan senyawa histamin yang menghasilkan berbagia gejala alergi susu sapi pada bayi Anda.

Berbagai gejala yang timbul akibat dari alergi susu sapi pada bayi Anda tersebut harus Anda waspadai dengan baik. Berikut ini adalah beberapa gejala yang harus Anda ketahui dari bayi yang alergi terdapat susu sapi sebelum Anda mengetahui cara mengatasi alergi susu sapi pada bayi tersebut:

  1. Terserangnya Bayi Anda akan Berbagai Penyakit

Gelaja pertama dari bayi Anda yang terkena alergi susu sapi adalah bayi Anda yang terserang beberapa penyakit. Diantaranya adalah diare, batuk dan asma. Bila sudah parah, pada feses pada bayi Anda saat diare ini akan mengandung darah. Sedangkan untuk asma sendiri bila sudah parah akan membuat bayi Anda sulit bernafas. Anak Anda juga akan menangis sebab dari sakit perut yang diderita sebagai reaksi alergi susu sapi.

  1. Tanda-tanda Fisik Pada Bayi

Akan muncul berbagai bintik merah dan bersisik pada kulit wajah anak Anda. Tidak hanya itu saja, bayi anda akan mempunyai mata merah sekaligus berair serta hidung yang tersumbat. Gejala yang satu ini harus segera Anda antisipasi dengan baik.

  1. Bayi Anda Gumoh dan Muntah Serta Mengeluarkan Air Liur dengan Jumlah Tak Normal

Gejala selanjutnya dari bayi Anda alergi terhadap susu sapi adalah gumoh dan muntahnya bayi Anda setelah meminum susu. Tak hanya itu saja, anak Anda juga akan mengelurkan air liur dalam jumlah yang banyak terutam  dalam masa pertumbuhan gigi.

Nah, setelah Anda mengetahui berbagia gelaja dari timbulnya alergi susu sapi pada bayi ini, Anda harus mengetahui berbagai cara atau langkah mengatasi alergi susu sapi yang paling tepat dan ampuh pada bayi Anda tersebu dilihat dari berbagi gelaja yang telah disebutkan di atas. Berikut ini adalah beberapa cara paling ampuh mengatasi alergi susu sapi pada bayi Anda:

  1. Tidak Memberikan Bayi Anda Berbagai Makanan atau Minuman yang Mengandung Susu Sapi

Anda tidak boleh untuk memberikan bayi Anda berbagai makanan ataupun minuman yang megandung susu sapi. Periksa semua makanan atau minuman yang akan Anda berikan pada bayi Anda terlebih dahulu apakah mengandung susu sapi atauka tidak.

  1. Memberikan Susu Formula Hidrolisat

Pemberikan susu formula hidrolisat pada bayi Anda ini merupakan salah satu alternatif penyelesaian dari bayi Anda yang alergi terhadap susu sapi. Kandungan protein yang ada pada susu formula hidrolisat tersebut mudah diterima dan diproses dalam tubuh bayi Anda karena proses pemecahan yang sangatlah mudah. Pengonsumsian susu ini juga sebagai langkah pemenuhan nutrisi pada bayi Anda.

  1. Ibu Menyusui Menghindari Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Mengandung Susu Sapi

Ibu yang sedang menyusui bayi yang terkena alergi susu sapi wajib untuk menghindari konsumi terdapat makann dan minuman yang mengadung susu sapi karena nantinya ASI yang diberikan kepada si bayi tersebut akan mengandung susu sapi.

  1. Memberikan Bayi Susu Berbasis Asam Amino

Untuk melengkapi nutrisi pada tubuh bayi Anda yang  berkurang karena tidak mampu untuk mengkonsumsi susu sapi, maka diperlukan pula susu berbasisi asam amino khusus. Anda dapat langsung meminta dokter untuk memberikan resp susu berbaasisi asam amino yang cocok serta tepat bagi bayi Anda. Hal tersebut dikarenakan susu ini terdapat kandungan asam amino yang secara khusus mampu melengkapi nutrisi yang dibutuhkan dalam tubuh bayi Anda.

Demikianlah itu tadi merupakan beberapa cara mengatasi alergi susu sapi pada bayi berserta gejalanya yang harus Anda ketahui. Tentunya sebagai orang tua yang baik, Anda harus melakukan semua cara di atas ini bila bayi Anda sudah positif terkena alergi susu sapi. Jangan biarkan tumbuh kembang anak Anda terganggu karena Anda tidak mampu memenuhi nutrisi pada tubuhnya. Maka dari itulah, silahkan lakukan semua cara untuk mengatasi alergi susu sapi pada bayi Anda ini sekarang juga ya!