4 Cara Spesial Merawat Bayi Perempuan yang Wajib Diperhatikan

Tak banyak orang mengetahui bahwa perawatan bayi perempuan tergolong lebih ribet dibandingkan dengan prawatan bayi laki-laki.  Bayi perempuan cenderung memiliki kriteria khusus dalam hal perawatan bayi. Untuk itu, di bawah ini merupakan beberapa cara perawatan bayi perempuan yang perlu Anda ketahui.

  1. Perawatan Organ Intim

Hal pertama yang harus Anda ketahui saat merawat bayi perempuan adalah melakukan perawatan organ intim bayi perempuan. Hal ini disebabkan karena oragan intim wanita memang sangat penting untuk dijaga kebersihannya. Organ intim bayi perempuan cenderung lebih rentan dibandingkan dengan organ intim bayi laki-laki.

Ketika Anda akan membersihkan bagian intim organ, Anda tidak diharuskan untuk membuka bibir vagina maupun vulva. Anda hanya perlu membersihkan kulit di sekitar organ intim dengan air mengalir maupun kapas basah. Langkan ini dilakukan untuk mencegah tumbuhnya kuman dan bakteri. Hindari penggunakan sabun untuk membersihkan bagian intim bayi perempuan.

  1. Hindari Pemberian Bedak pada Alat Kelamin

Tak jarang orang tua menaburkan bedak seusai membersihkan alat kelamin bayi. Hal ini didasarkan demi membuat kulit menjadi lembut. Namun, anggapan tersebut tidaklah benar, memberikan bedak pada alat kelamin perempuan justru dapat membuat daerah organ intim menjadi lebih kering karena bedak mengandung bahan kimia yang berbahaya.

Apabila pemberian bedak pada daerah intim dilakukan secara terus menerus, tentunya bahan kimia dari bedak secara tidak langsung akan masuk ke dalam vagina yang dapat berdampak buruk ketika bayi sudah dewasa. Bedak juga dapat masuk ke dalam saluran air kencing yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran air kencing.

  1. Potong Kuku Secara Rutin

Baik bayi laki-laki ataupun bayi perempuan memang memerlukan perawatan khusus dalam pemotongan kuku. Anda harus memotong kuku bayi secara rutin agar bayi Anda terhindar dari kotoran. Kuku bayi yang tidak dipotong tentunya dapat memberikan peluang bagi cacing untuk dapat tumbuh di dalam kuku tersebut.

Tak jarang bayi sering memegang sesuatu dan memasukkannya ke dalam mulutnya. Apabila kuku bayi kotor, maka kotoran pun juga akan masuk ke dalam mulut bayi. Kebiasaan bayi memasukkan benda ke dalam mulut tentunya berdampak buruk pada kesehatan bayi. Bayi dapat mengalami cacingan bahkan diare. Itulah mengapa Anda harus tetap menjaga kebersihan kuku bayi Anda..

  1. Waspadai Bayi Perempuan Mengalami Keputihan

Tak hanya orang dewasa, bayi perempuanpun rentan mengalami keputihan. Untuk itu, Anda perlu menjaga kebersihan oragan intim bayi perempuan dengan baik. Alangkah baiknya jika Anda mengganti popok selama 4 jam sekali untuk mencegah popok dalam keadaan basah dan lembab yang dapat menimbulkan beberapa penyakit.

Nah, di atas merupakan beberapa cara perawatan bayi perempuan yang perlu diperhatikan. Jangan sampai salah saat memberikan perawatan pada bayi perampuan. Yuk, manfaatkan promo kemerdekaan 2018 dari orami.co.id untuk mendapatkan berbagai perlengkapan bayi perempuan dengan berbagai promo yang menarik.